Breaking News

Tuesday, May 9, 2017

"MANFAAT KENTANG REBUS" Untuk Kesehatan Dan Diet !!!


"MANFAAT KENTANG REBUS" Untuk Kesehatan Dan Diet !!!



             Beberapa keuntungan dan manfaat makan kentang rebus bagi kesehatan 

Kentang rebus lebih rendah kalori dan lemak 
Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C secara alami. Kentang rebus juga lebih rendah kalori dan lemak, namun tinggi kadar serat yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang. Berbeda dengan kentang yang diolah dengan digoreng serta menambahkan mentega atau krim, dimana yang akan meningkatkan kadar kalori dan lemak secara signifikan. Selain itu, kadar gizi alami kentang juga bisa banyak berkurang. 

Protein dan serat 
Kentang berukuran besar seberat 300 gram yang direbus bersama dengan kulitnya, mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Namun jika Anda mengupas kulitnya sebelum direbus, maka Anda akan kehilangan sekitar setengah gram protein. Namun kandungan kalori dan lemak tetap sama. Dikupas maupun tidak, kentang masih menyediakan 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami. 

Vitamin C dan Vitamin B 
Kentang rebus akan memberikan kita vitamin C dan vitamin B 5(asam pantotenat), serta jenis vitamin B lainnya yaitu tiamin dan niacin. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu kentang rebus juga membantu tubuh kita untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu neurotransmitter yang berperan dalam komunikasi saraf, dan menjaga kadar hormon. Vitamin B 5 diperlukan oleh tubuh agar memungkinkan untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati. Satu cangkir kentang rebus menyediakan 0,8 miligram vitamin B 5, atau sekitar 16 persen kebutuhan tubuh setiap hari . Sedangkan untuk vitamin C, kentang rebus menawarkan sekitar 27 persen untuk wanita, dan 23 persen untuk pria dari jumlah total kebutuhan setiap hari. Baca juga : manfaat vitamin B kompleks dalam tubuh 

Beberapa mineral penting 
Kentang kaya akan mineral penting, yang bermanfaat untuk membantu tubuh kita dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Kentang berukuran besar yang direbus bersama kulitnya akan memberikan kita 1,1 gram kalium, atau seperempat dari kebutuhan kita setiap hari. Kalium bermanfaat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga penting untuk fungsi otot, jantung dan fungsi saraf. Mangan berguna untuk mendukung metabolisme, dan juga membantu tubuh memproduksi kolagen – protein penting untuk penyembuhan luka. Tembaga dari kentang akan membantu tubuh kita dalam memproduksi oksidase lysyl, yaitu suatu enzim yang diperlukan untuk jaringan ikat yang sehat dan mendukung beberapa aspek fungsi otak. Kentang juga sekaligus akan memberikan tubuh kita magnesium dan fosfor sebanyak seperlima dari yang kita butuhkan setiap hari. Jika kentang dikupas sebelum direbus, maka anda akan kehilangan beberapa kandungan mineral ini.

Mengingat manfaat gizi kentang rebus yang lebih baik, maka bisa dijadikan sebagai makanan sehat alternatif pengganti nasi untuk sarapan Anda. Tak perlu susah-susah mengupas, karena justru lebih baik ketika direbus bersama kulitnya. Namun ketika Anda akan memakannya, Anda perlu mengupas kulit bagian luar kentang rebus yang tipis itu.

contoh untuk menginovasi makanan berbahan dasar kentang dan bisa untuk menu makanan diet :





Bahan-bahan
- 2 Buah kentang
- 1 Butir telur organik
- Daun seledri secukupnya
- Sejimpit garam
- Sejimpit merica bubuk
- Air secukupnya


Cara Membuat:
1. Kupas Kentang dan potong tipis-tipis kemudian rebus.
2. Ketang yang sudah direbus kemudian di tumis menggunakan margarin.
3. Cincang seledri lalu masukan bersama garam dan merica bubuk.

Membuat telur dadar rebus, kocok telur bersama dengan garam dan merica secukupnya,
4. kemudian kukus hingga matang.
5. Sajikan bersama kentang yang sudah matang
6. Siap di nikmati.

http://www.carakhasiatmanfaat.com

 "MANFAAT KENTANG REBUS" Untuk Kesehatan Dan Diet !!

https://www.youtube.com

No comments:

Post a Comment